Review POS Indonesia – POS sudah dikenal luas sebagai jasa pengiriman ke berbagai wilayah di Indonesia. POS adalah salah satu penyedia jasa ekspedisi tertua di Indonesia dan masih mampu bersaing dengan banyaknya perusahaan baru.
Seperti bahasan Review Wahana, POS Indonesia juga memiliki banyak layanan pengiriman yang dapat dipilih konsumen. POS tetap mempertahankan pelayanan terbaik dengan tarif ongkir yang tergolong murah.
Banyak review positif mengenai layanan POS Indonesia karena mampu diandalkan untuk kiriman barang keluar maupun dalam negeri. Karena jangkauan yang luas ini konsumen jadi lebih mudah mengirimkan barang kemanapun.
Setiap layanan POS Indonesia memiliki fasilitas dan kelebihan masing masing untuk dimanfaatkan pelanggannya. Estimasi waktu barang sampai ke alamat tujuan akan menyesuaikan dengan jenis layanan apa yang digunakan.
Review POS Indonesia : Kelebihan & Kekurangan
Komplain POS Indonesia tak dipungkiri juga sering terjadi saat sistem pengiriman bermasalah. Sebagian orang menganggap POS Indonesia mengecewakan, namun ada pula yang memberikan review positif dari segi pelayanan pengirimannya.
Apa itu POS Indonesia?
POS Indonesia adalah sebuah BUMN (Badan Usaha Milik Negara Indonesia) yang bergerak pada pengiriman barang dan juga logistik ke dalaam maupun luar negeri. Bentuk badan usaha POS Indonesia adalah PT atau Perseroan Terbatas.
POS Indonesia memiliki layanan pengiriman barang terpercaya dengan jangkauan luas sekitar 24 ribu titik meliputi desa, kecamatan bahkan lokasi terpencil. POS Indonesia juga selalu beradaptasi menyesuaikan jaman dengan memakai teknologi terbaru untuk memudahkan pelanggannya.
Jenis Layanan Pengiriman
Banyak orang mengenal POS kilat khusus, namun tahukah anda bahwa ada banyak layanan pengiriman lainnya? Beberapa diantaranya seperti POS Express, Q9 Sameday Service, Jumbo Ekonomi serta masih banyak layanan untuk bisa dipilih sesuai kebutuhan.
1. POS Express
Adalah layanan kirim barang premium yang cepat dan aman dimana memiliki jangkauan luas keseluruh Indonesia. Sering disebut juga kiriman sehari sampai dimana dapat dimanfaatkan mengirimkan paket, surat, dokumen maupun dagangan online.
2. POS Reguler
Adalah kiriman dokumen maupun barang domestik standar dengan jaringan luas seluruh Indonesia. Dapat dengan mudah digunakan karena tersedia pada seluruh kantor cabang POS Indonesia.
3. POS Kilat Khusus
Merupakan kiriman cepat terpercaya dari POS Indonesia dengan keamanan terbaik. Memiliki tarif kompetitif serta hemat dan estimasi waktu sampai lebih cepat.
4. Q9 Sameday Service
Q9 Sameday Service merupakan pelayanan kirim barang dengan waktu sampai maksimal 9 jam pada hari itu juga. Memilikifasilitas pickup kemudian tarifnya dihitung per kilogram dengan berat paket maksimal 5Kg.
5. POS Jumbo Ekonomi
Pos Jumbo Ekonomi merupakan pengiriman dengan biaya tarif tingkat berat mulai 3Kg hingga 30Kg. Mampu menampung jumlah barang lebih banyak dan jaringannya luas kepelosok Indonesia.
6. POS QComm
Adalah pelayanan khusus pebisnis online mengirimkan barang dagangan tepat waktu. Estimasi waktu pengirimannya maksimal 2 hari dengan berat paket sebesar 5Kg.
7. Quick International Xpress (QIX)
QIX memberikan kepastian waktu kiriman dilengkapi fasilitas money back guarantee atau uang kembali. Mempunyai beberapa pilihan mencakup same day service, next day service serta time certain service.
8. POS Udara Internasional
Merupakan pelayanan kirim dokumen yang memiliki estimasi H+6 hingga H+10 untuk sampai ke tujuan. Berat barang bisa mencapai 2Kg dimana pelunasanya menggunakan perangko.
9. Paket POS Biasa Internasional
Ekspedisi luar negeri dimana mempunyai estimasi waktu tempuh H+30 hingga H+90 memakai jalur laut. Memang cukup lama sampainya namun ongkir sangatlah murah dan anda dapat mengirimkan barang sampai 20kg.
10. EMS
Seperti Review Lion Parcel, POS Indonesia memiliki kiriman luar negeri, estimasi sampai H+3 hingga H+5. Bobot paket maksimalnya mencapai 30Kg serta memiliki pelacakan dan juga ganti rugi apabila terjadi kerusakaan.
11. POS Ekspor
Pelayanan khusus untuk pelaku UKM mengirimkan barang ke luar negeri, waktu sampainya H+4 hingga H+8. Barang wajib memiliki bobot 30 kg sampai dengan 300 kg.
12. Paket POS Cepat Internasional
Memberikan waktu tempuh kiriman H+6 sampai H+10 ke luar negeri. Berat barang yang dilayani diatas 2kg sampai 30kg serta memiliki pelacakan dan juga asuransii ganti rugi.
13. POS Tercatat (R) Internasional
Termasuk pelayanan kirim dokumen keluar negeri dimana estimasi sampainya antara H+6 hingga H+10. Bobot maksimal paketnya adalah 2kg dan tarifnya juga hemat.
Review Kelebihan POS Indonesia
Kami memberikan review POS Indonesia dengan nilai positif untuk kemudahan dalam pengiriman barang dan pilihan layanannya yang lengkap. Selain itu cukup banyak kelebihan yang bisa diperoleh konsumen sebagai berikut
Memiliki Banyak Kantor Cabang
Menurut review kami, POS Indonesia tergolong perusahaan yang memiliki kantor cabang paling banyak. Terbukti pada setiap kecamatan atau bahkan desa terdapat kantor POS sehingga memudahkan konsumen menjangkaunya.
Ongkir Murah
Review POS Indonesia mengenai ongkirnya tergolong sangat terjangkau untuk semua kalangan. Bahkan untuk beberapa layanannya bernilai setengah harga ongkir dibandingkan beberapa produk pengiriman dari jasa ekspedisi lain.
Asuransi & Jaminan
POS Indonesia memberikan asuransi serta jaminan apabila paket mengalami kerusakan atau bahkan hilang. Anda akan menerima ganti rugi dengan biaya seharga paketnya.
Pickup Service
Berdasarkan review POS Indonesia dari kami, fasilitas pickup atau pengambilan barang sangatlah berguna untuk menghemat waktu dan tenaga. Anda cukup menunggu petugas POS datang kerumah dan mengambil paketnya.
Perhitungan Berat Spesifik
Bobot paket akan dihitung secara spesifik memakai ukuran gram sehingga tidak akan ada biaya pembulatan. Timbangan akan akurat misalnya bobotnya 1.21Kg maka akan sama, berbeda dengan ekspedisi lain yang dibulatkan jadi 1.5Kg atau bahkan lebih.
Review Kekurangan POS Indonesia
Namun berdasarkan review kami setelah menggunakan jasa ekspedisi POS Indonesia terdapat beberapa kekurangan. Jika dilihat dan diamati, sisi kekurangan PT POS Indonesia kebanyakan berada pada pelayanan kepada konsumen.
Kiriman Kadang Molor
Sering dijumpai kasus kiriman POS Indonesia tidak sampai tepat waktu entah itu karena kendala kurir maupun lainnya. Menurut review kami hal ini sering terjadi apabila menjelang weekend ataupun libur panjang.
Tutup Pada Hari Libur
Berbeda dengan jasa ekspedisi lainnya, POS Indonesia menerapkan hari libur pada minggu dan juga tanggal merah. Hal ini mengakibatkan pengiriman barang terhenti dan memakan waktu untuk sampai ketangan konsumen.
Tidak Dapat Ditemui di Semua Marketplace
Khusus yang senang berbelanja online kadang tidak bisa menggunakan jasa POS Indonesia. Saat ini hanya beberapa situs ecommerce saja yang menyediakan pengiriman menggunakan POS Indonesia.
FAQ
Minimal 1 hari dan maksimal 3 hari
Telepon HaloPos lewat nomor 161
Lacak menggunakan website ataupun aplikasi resmi POS Indonesia untuk mengetahui posisi barang
Demikian review POS Indonesia yang bisa diberikan Kuriran.id. Memang POS Indonesia menawarkan kemudahan untuk memilih layanan kirim barang yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, jadi apakah anda sudah pernah menggunakannya? Silahkan bagikan pengalaman lengkap di kolom komentar.