Pengiriman Paket Gagal di Lazada – Berbelanja online memang sudah menjadi pilihan kebanyakan masyarakat Indonesia saat ini karena harga barang yang lebih murah. Tak heran apabila toko online memiliki ekspedisi sendiri untuk menangani pengiriman paket, salah satunya adalah Lazada Express atau LEX ID.
Serupa dengan PENGIRIMAN HEMAT SHOPEE dimana merupakan layanan ekspedisi dari toko online itu sendiri sehingga semuanya dapat tertata baik. Namun pernahkah kalian mengalami pengiriman paket gagal di Lazada? Pastinya hal tersebut cukup mengewakan terlebih karena kita sudah transfer uang dan tidak mendapat kepastian apakah paket akan dikirim.
Memang penyebab paket gagal dikirim ada beberapa, bisa dari seller, sistem Lazada ataupun jasa pengiriman yang bekerjasama didalamnya. Kadang juga muncul notifikasi percobaan pengiriman pertama gagal maksudnya adalah seller sudah mengirimkan paket namun mengalami kendala ditengah jalan.
Jangan sampai karena pengiriman paket gagal kita rugi, namun tidak perlu terburu buru karena justru kadang barangnya sampai selang 1 hari kemudian. Usahakan sebelum melakukan pembelian di Lazada memasukkan alamat secara lengkap dan benar untuk menghindari gagal pengiriman.
Pada dasarnya sebagai konsumen kita harus proaktif untuk menyelidiki mengapa paket bisa gagal kirim. Semuanya dapat dimulai dari menanyakan langsung ke pihak Lazada, ekspedisi ataupun seller yang sudah mengirimkan paket. Agar kamu tidak bingung mengenai pengiriman paket gagal di Lazada silahkan simak penjelasan dari Kuriran.id dibawah ini.
Apa Penyebab Pengiriman Paket Gagal?
Pada dasarnya ada beberapa sebab kenapa paket dibatalkan oleh jasa pengiriman LEX ID yang wajib untuk kamu tahu. Masing masing penyebab memang dapat bersumber dari siapa saja yang terlibat dalam proses pengirimannya seperti berikut.
- Paket sampai ke kantor pengiriman lewat jam 16.00 yang menjadi maksimal waktu operasional Lazada. Biasanya paket akan dikirimkan pada esok hari.
- Pengiriman Lazada sedang overload ataupun melebihi batas maksimal sehingga paket kamu belum dapat dikirimkan. Umumnya Lazada mengutamakan paket yang sudah masuk sebelumnya.
- Terjadi kesalahan dalam penulisan alamat, nomor handphone dan nama penerima sehingga menyebabkan pengiriman terkendala.
- Ketika pengiriman kurir tidak menjumpai penerima pada alamat yang tertera sehingga membuat statusnya menjadi gagal.
- Kurir terlalu jauh dengan lokasi penerima sehingga tidak memungkinkan pengiriman pada hari itu juga.
- Penerima paket menolak sehingga membuat status berubah gagal, umumnya terjadi karena paket rusak ataupun tidak sesuai keinginan.
Jenis Pengiriman Gagal di Lazada
Memang seller di Lazada diberikan 3 kali percobaan untuk mengirim paket ke lokasi pembeli dan 2 kali pengembalian. Jadi terdapat beberapa jenis pengiriman paket gagal di Lazada dimana masing masing memiliki kejadian berbeda seperti berikut.
- Pesanan Gagal Kirim Failed Delivery : terjadi karena alamat konsumen tidak dapat ditemukan, penerima paket tak ada dilokasi, penolakan dari penerima, buyer tolak tanda terima dan lain sebagainya.
- Pesanan yang Dikembalikan Pembeli atau Customer Return : terjadi setelah paket diterima namun konsumen memilih untuk mengembalikannya ke seller karena alasan tertentu.
- Paket Tidak Siap Dikirim: merupakan paket yang belum siap untuk dikirimkan seller dan diserahkan ke pihak logistik karena alasan tertentu.
- Penjual tidak beroperasi: terjadi ketika muncul status Siap Dikirim (Ready to Ship) tapi lokasi tutup ataupun jam operasional toko sudah berakhir ketika kurir melakukan pickup.
Pengiriman Lazada Sampai Jam Berapa ?
Ketika memesan barang di Lazada kalian perlu juga memperhatikan jam pengiriman setiap harinya. Jadwal operasional pengiriman Lazada adalah senin sampai sabtu pada pukul 09:00 – 16:00, jadi usahakan memesan saat jam kerja saja supaya tidak ada kendala.
Cara Mengatasi Pengiriman Paket Gagal di Lazada
Untuk dapat mengatasi pengiriman paket gagal di Lazada terdapat beberapa tahapan mulai dari pengecekan, kontak CS sampai dengan pihak ekspedisi. Namun perlu diperhatikan bahwa konsumen tidak selamanya benar, karena bisa saja penyebab pengiriman gagal karena kelalaian ataupun kesalahan sendiri.
1. Cek Informasi Pengiriman
Pertama silahkan kalian cek informasi pengiriman paket berupa nama, alamat lengkap dan juga nomor handphone. Pastikan sudah benar dan tidak terjadi kesalahan penulisan karena hal ini akan membuat pengiriman paket gagal di Lazada.
2. Tracking Paket di Lazada
Berikutnya kalian bisa melacak paket menggunakan nomor resi yang didapatkan dari Lazada langsung. Pastikan status pengirimannya masih berjalan, ketika terjadi kegagalan maka kalian dapat langsung komplain kepada seller ataupun pihak Lazada.
3. Tunggu Maksimal 1 Hari Kerja
Berikutnya kalian dapat menunggu pengiriman paket datang setelah 1 hari kerja karena bisa jadi karena ekspedisi sibuk membuat statusnya gagal. Silahkan kalian tunggu, kebanyakan paket akan diterima sesuai jangka waktu 1 hari dan pastikan berada pada lokasi tujuan pengiriman.
4. Hubungi CS Lazada
Langkah selanjutnya adalah langsung menghubungi CS Lazada untuk menanyakan pengiriman paket kalian. Bisa memanfaatkan telepon dimana jam kerjanya senin sampai minggu pukul 09:00 – 17:00 ataupun fasilitas lain seperti berikut.
- Call center: +622180640090
- Website: lazada.co.id/contact
- Email:support@lazada.co.id
5. Ambil di Gudang Lazada
Cara terakhir apabila paket kalian gagal dikirim dan terhenti di fasilitas Lazada maka bisa memutuskan mengambilnya setelah waktu 7 hari. Silahkan kamu mempersiapkan email dan informasi data diri sebagai syarat utamanya kemudian datangi fasilitas retur Lazada/3pl.
Akhir Kata
Sama seperti CARA CEK PENGIRIMAN KGP, Lazada memang sudah serba online sehingga memudahkan kalian mendapatkan layanan terbaik. Jadi ketika mengalami pengiriman paket gagal di Lazada kalian sudah tahu apa yang harus dilakukan memakai cara diatas.