Cara Mengembalikan Barang COD Shopee – Cash on Delivery atau sering disingkat COD menjadi pilihan banyak orang karena bisa mendapatkan barang secara cepat dan mudah. Salah satu marketplace online yang menyediakan fasilitas COD adalah Shopee.
COD dapat digunakan untuk mengirimkan berbagai jenis barang dengan ongkir murah dan terjangkau. Terlebih CARA KIRIM BARANG COD JNE maupun ekspedisi lainnya juga termasuk sangat mudah ditambah ada fasilitas pickup.
Namun seringkali konsumen kurang puas atau mengalami masalah ketika memakai layanan Shopee COD. Jika produk tidak sesuai pastinya kita wajib melakukan cara mengembalikan barang COD Shopee supaya mendapatkan keadilan.
Melalui cara mengembalikan barang COD Shopee kita bisa komplain ke penjual apabila mendapat produk rusak, kurang lengkap atau bahkan tidak sesuai. Pada dasarnya cara mengembalikan barang COD Shopee wajib dilakukan dengan menyertakan bukti berupa foto maupun video.
Kini jasa kirim yang melayani COD di Shopee termasuk Shopee Express Standard, Shopee Express Hemat, Shopee Standar Express, ID Express, J&T Economy dan juga J&T Express. Kalian bisa mengembalikan barang COD Shopee dengan mengikui syarat dan tata cara yang benar.
Syarat & Ketentuan Mengembalikan Barang COD Shopee
Pastinya cara mengembalikan barang di shopee yang sudah diterima masih dapat dilakukan konsumen dengan memenuhi syarat ketentuan berlaku. Pada dasarnya status pengirimannya harus belum diterima dan pengguna belum klik tombol Pesanan Diterima.
Kalian akan diberikan waktu maksimal 3 hari untuk memeriksa barang COD Shopee. Apabila tidak sesuai ataupun terdapat kerusakan barang maka kalian bisa memproses untuk pengembalian dana ataupun barangnya.
Kemudian proses pengembalian barang COD Shopee kurang lebih sama dengan jenis pengiriman lainnya. Lantas apa saja syarat mengembalikan barang COD Shopee? Lebih jelasnya simak penjelasan Kuriran.id dibawah ini.
- Konsumen diberikan waktu 3 x 24 jam untuk memeriksa barang, jika tidak sesuai bisa mengajukan proses pengembalian barang COD.
- Pelanggan wajib menyiapkan bukti berupa video unboxing paket dan juga foto barang yang ingin dikembalikan.
- Foto kondisi paket untuk kerusakan saat pengiriman dan foto isi dalam paketnya untuk produk tidak lengkap.
- Foto label pengiriman yang sah dimana menampilkan nomor resi.
- Chat ke penjual di Shopee dan mengabarkan bahwa ada masalah pada barang yang dikirimkan.
- Berikan bukti status pengiriman dari aplikasi atau website Shopee.
- Foto dari penerima barang.
- Memberikan alasan mengembalikan barang COD Shopee secara jelas.
- Bersedia melakukan pengembalian barang COD Shopee maksimal 5 hari sesudah pengajuannya disetujui.
- Kerusakan atau kehilangan barang harus bukan dari kesalahan konsumen. Apabila karena tindakan konsumen barang menjadi bermasalah maka klaim tidak dapat dilakukan.
Dokumen Pendukung Mengembalikan Barang COD Shopee
Konsumen memang wajib memberikan bukti nyata supaya proses pengembalian barang diproses dengan cepat. Kemudian terdapat ketentuan khusus untuk dokumen pendukung ketika ingin mengembalikan barang COD sebagai berikut.
- Siapkan minimal 3 foto yang menjelaskan kondisi barang. File maksimal adalah 10Mb per fotonya.
- Siapkan video dengan ketentuan durasi 1 menit maksimal ukurannya 30MB.
- Foto dan video wajib terlihat jelas, tidak buram dan pixelate.
- Khusus produk rusak gunakan foto/video close up supaya lebih jelas.
- Khusus barang salah disarankan memakai video sebagai buktinya.
- Berikan screenshot chat atau riwayat obrolan dengan penjual.
Kemudian bagaimana contoh foto/video barang yang akan dikembalikan? Semuanya akan tergantung kepada alasan kalian mengembalikan barang COD Shopee, masing masing memiliki kriterianya tersendiri seperti berikut.
Barang Rusak
- Perlihatkan barang yang menunjukkan kerusakan fungsi dengan jelas.
- Apabila bisa rekam simulasi pemakaian produk dengan memberikan penjelasan.
- Pastikan data kiriman pada paketnya terbaca dan sesuai resi pengiriman.
- Perlihatkan kemasan barang yang diterima baik dari bagian luar dan dalamnya.
Barang Tidak Lengkap
- Silahkan perlihatkan jumlahj barang yang diterima pada paket dengan jelas.
- Perlihatkan data kiriman barang apakah sesuai dengan nomor resinya.
- Perlihatkan kemasan barang dari bagian luar dan dalam.
Barang Salah
- Perlihatkan seluruh barang yang diterima dengan jelas.
- Lihatkan data kiriman dan terbaca dengan baik sesuai resinya.
- Ambil gambar kemasan paket dari luar dan dalamnya.
Barang Imitasi
- Rekam proses scan kode QR pada barang yang diterima untuk verifikasi keasliannya.
- Membandingkan langsung produk asli dengan barang yang diterima.
- Membandingkan kemasan barang asli dan yang diterima.
Cara Mengembalikan Barang COD Shopee
Kemudian bagaimana cara mengembalikan barang COD Shopee? Pastinya akan lebih mudah jika kalian menggunakan aplikasi Shopee karena bisa langsung mengakses menu retur barang ketika ada yang tidak sesuai.
Dari proses barang datang kalian perlu mengambil bukti berupa foto serta video supaya tidak dengan mudah mengembalikannya. Kami akan memberikan cara mengembalikan barang COD Shopee secara urut serta lengkap seperti dibawah ini.
1. Ketika kurir sampai dan menyerahkan barang COD silahkan kalian terima. Berikutnya siapkan handphone ataupun alat rekam lainnya. Ambil dulu foto paketnya dari kemasan dan nomor resinya.
2. Lanjutkan dengan merekam video unboxing paketan dari bagian kemasannya kemudian menunjukkan juga nomor resi pengirimannya. Rekam sampai barang sudah keluar dari paketnya kemudian pastikan jelas. Setelah selesai merekam ambil fotonya dari angle yang hampir sama dengan laman produknya.
3. Ketika ada kerusakan atau barang tidak sesuai atau masalah lainnya kalian bisa chat penjual kemudian screenshot sebagai bukti. Kemudian untuk cara mengembalikan barang COD Shopee silahkan buka aplikasi Shoppe kemudian tekan menu Saya
4. Ketika sudah masuk ke profil Shopee lanjutkan dengan menekan menu Dikirim
5. Muncul pesanan saya, silahkan kalian cari barang yang sudah dikirimkan. Pastikan jangan menekan tombol Pesanan Diterima, tekan bagian tulisan barang untuk masuk kedalamnya
6. Setelah masuk ke bagian rincian pesanan barang kalian tinggal gulir layarnya kearah bawah lalu tekan tombol Ajukan Pengembalian
7. Muncul menu pengembalian, kalian bisa langsung menuju ke Pilih Alasan
8. Silahkan kalian lanjutkan dengan memilih salah satu alasan mengembalikan barang COD Shopee yang sesuai.
9. Cara berikutnya silahkan tekan Tambah Foto kemudian upload foto kemasan, isi barang serta chat dengan penjual.
10. Setelah itu pada menu keterang isikan dengan alasan mengembalikan barang COD Shopee secara singkat dan jelas.
11. Setelahnya kalian dapat menekan Pilih Solusi untuk menentukan cara pengembaliannya
12. Kamu bisa pilih menu Pengembalian Barang dan Dana atau Pengembalian Dana (sebagian/penuh) tanpa pengembalian barang. Akan lebih baiknya jika memilih Pengembalian Barang dan Dana supaya semua pihak tidak mengalami kerugian.
13. Selanjutnya muncul dana pengembaliannya lalu tekan Kirimkan
14. Setelah itu kalian tinggal tekan Kirimkan untuk mengkonfirmasinya
15. Muncul menu rincian pengembalian serta notifkasi bahwa permintaan kalian sudah berhasil diajukan.
16. Tunggu sampai kalian mendapatkan notifikasi dari email atau aplikasi Shopee bahwa pengembaliannya berhasil diterima. Setelah itu masuk ke pesanan saya kemudian tekan Rincian Pengembalian pada barang kalian.
17. Selanjutnya terdapat status menunggu kalian untuk mengirimkan barangnya kembali lalu terdapat batas maksimal waktunya. Lanjutkan menekan Pilih Jasa Kirim
18. Supaya gratis kalian bisa memilih pengiriman Drop Off sehingga tidak dikenakan biaya apapun. Cara berikutnya tekan Konfirmasi
19. Setelah itu akan muncul informasi pengirimannya, silahkan kalian simpan nomor resinya.
20. Kemas ulang barang yang sudah diterima secara rapi, lanjutkan dengan menyiapkan kertas dan pulpen. Tuliskan nomor resi dari Shopee pada bagian atas dilanjutkan nama penerima, nomor handphone serta alamatnya. Sedangkan informasi pengirimnya dibagian bawah.
21. Bawa paket ke agen atau kantor ekspedisi sesuai pada layanan Shopee COD terdekat kemudian silahkan lakukan pengiriman.
22. Setelah barang dikirimkan maka status di aplikasi Shopee berubah menjadi diproses.
23. Tunggu hingga barang sampai ke penjual biasanya antara 3 sampai 5 hari kerja. Ketika penjual sudah konfirmasi maka dana kalian akan dikembalikan dalam bentuk saldo ShopeePay.
FAQ
Barang akan dikembalikan ke penjual kemudian transaksi dibatalkan
Jika barang COD dari Shopee Mall maka membutuhkan waktu 3 sampai 5 hari kerja, sedangkan jika barang berasal dari non Shopee Mall maka maksimal maksimal 7 hari
Ketika bukti kuat dari konsumen kuat maka dana tertahan tidak akan dirimkan ke penjual melainkan dikembalikan ke konsumen
Akhir Kata
Selain COD kalian juga bisa menggunakan JASA CARGO DARAT MURAH sebagai alternatif pengiriman ongkir terjangkau. Sampai saat ini Shopee COD memang memiliki banyak peminat diberbagai wilayah sehingga wajib tahu cara mengembalikan barang ketika rusak, tidak lengkap ataupun tidak sesuai.