Cara Membatalkan Pesanan Lazada – Kita tentunya mengenal Lazada sebagai salah satu toko online besar di Indonesia sejak lama. Pada saat kalian membeli barang dan ada hal yang tidak sesuai pastinya ingin membatalkan supaya tak mengalami kerugian.
Cara membatalkan pesanan Lazada sering dijumpai ketika konsumen berubah pikiran, ingin mengubah alamat, merubah pembayaran, ganti produk ataupun JASA PENGIRIMAN INSTANT. Namun sebagai konsumen pastinya cara membatalkan pesanan dengan sopan wajib dilakukan supaya tidak merugikan seller atau pihak lainnya.
Dari penyebab pesanan Lazada dibatalkan yang beragam maka kalian wajib mengetahui cara yang tepat. Pastinya cara membatalkan pesanan Lazada harus mengikuti syarat dan juga ketentuan yang berlaku sehingga dapat berjalan lancar nantinya.
Ketika ada kesalahan pada alamat pengiriman atau bahkan namanya memang harus segera diperbaiki supaya tidak terjadi salah kirim. Banyak yang mempertanyakan jika membatalkan pesanan di Lazada apakah uang kembali? Jawabannya uang dapat kembali asalkan mengikuti semua prosedur yang berlaku di Lazada.
Sebagai konsumen kita memang memiliki hak untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kualitas standar seller. Supaya lebih jelasnya Kuriran.id sudah merangkum beberapa cara membatalkan pesanan di Lazada secara mudah dibawah ini.
Syarat Membatalkan Pesanan Lazada
Kadang juga terjadi pesanan Lazada batal otomatis karena memang respon seller lambat ataupun terdapat masalah pada ekspedisi. Namun jika yang ingin membatalkan adalah konsumen maka wajib mengetahui syarat dan ketentuan apa saja yang diterapkan Lazada.
Membatalkan pesanan dapat dilakukan untuk semua produk Lazada kecuali dari LazGlobal ataupun berbagai jenis produk digital. Terdapat aturan resmi dari situs Lazada yang menjelaskan secara detail persyaratan pembatalan pesanan sebagai berikut.
- Konsumen tidak bisa membatalkan pesanan ketika sudah diproses di gudang, suplier ataupun pihak jasa ekspedisi.
- Barang dari LazGlobal dan produk digital tidak dapat dibatalkan pemesanannya.
- Konsumen diharapkan menghubungi seller untuk mengkonfirmasi pembatalan pesanan terlebih dahulu. Ketika sudah ada kesepakatan barulah pesanan bisa dibatalkan.
- Total dari pesanan sesudah pembatalan salah satu ataupun beberapa item akan dianggap memenuhi syarat pemakaian voucher maupun promo. Jika tidak maka seluruh pesanan dicancel.
- Voucher ataupun promo yang sudah dipakai saat membatalkan pesanan maka tidak dapat digunakan kembali.
- Saat metode pembayarannya memakai kartu kredit, cicilan ataupun klikpay maka limitnya dikembalikan dalam 7 sampai 14 hari kerja.
- Ketika pembayarannya memakai transfer maka pengembaliannya memakan waktu 2 sampai 5 hari kerja.
- Pesanan yang dicancel tidak dapat diaktifkan kembali.
- Harga produk dapat mengalami perubahan kapan saja.
Cara Membatalkan Pesanan Lazada
Sesudah mengetahui syarat serta ketentuan diatas selama pesanan kalian tidak menyalahi aturan maka masih bisa dibatalkan. Terdapat beberapa cara membatalkan pesanan Lazada yang bisa kalian coba langsung sesuai kondisi tertentu.
Masing masing prosedur membatalkan pesanan juga akan melihat proses dari pengiriman barang maupun pembayarannya. Namun selalu usahakan untuk membangun komunikasi dengan seller supaya prosesnya berjalan lancar.
1. Cara Membatalkan Pesanan Lazada Diproses Penjual
Cara pertama adalah membatalkan ketika pesanan diproses penjual, dalam hal ini memang belum ada aktivitas pengiriman yang terjadi. Sehingga sebelum melibatkan pihak jasa ekspedisi kalian dapat membatalkan dengan beberapa langkah dibawah ini.
- Silahkan buka aplikasi Lazada kemudian masuk ke menu Saya dipojok kanan bawah.
- Selanjutnya kalian bisa masuk ke bagian pesanan saya kemudian tekan Dalam Proses
- Tampil informasi pesanan kalian, pastikan statusnya diproses penjual. Kemudian silahkan pilih barang mana yang akan kamu batalkan.
- Setelah itu muncul menu baru, kamu bisa langsung menekan tombol BATAL pada pesanan yang diinginkan.
- Muncul menu baru, silahkan centang barang mana saya yang ingin kamu batalkan. Dibawahnya pilih alasan pembatalan.
- Pilih salah satu alasan mengapa kalian membatalkan pesanan Lazada, tekan Pilih.
- Kamu bisa menambahkan catatan atau komentar tambahan lalu tekan Kirimkan
- Status pengirimannya akan muncul Dibatalkan
2. Cara Membatalkan Pesanan Lazada yang Sedang Dikemas atau Dalam Pengiriman
Cara berikutnya adalah menggunakan halaman kontak untuk membatalkan pesanan. Kalian bisa mengisi formulir membatalkan pesanan dengan melengkapi informasi secara lengkap lalu dikirimkan. Pihak Lazada akan mengkonfirmasi transaksi dan mengatur pembatalannya.
- Masuk ke laman Lazada.co.id/contact, lanjutkan menekan Saya ingin membatalkan Pesanan
- Silahkan login denganakun lazada kamu.
- Isi formulir membatalkan pesanan secara lengkap mulai dari nomor pesanan, produk, alasan sampai dengan informasi tambahannya.
- Lanjutkan menekan Submit
- Kemudian pilih metode pengembalian dananya.
- Setelah itu tunggu Lazada membatalkan pesanan kalian.
3. Cancel Pesanan Sedang Diproses Penjual
Lantasa bagaimana jika pesanan sudah terlanjur diproses penjual dan sudah muncul nomor resinya? Kalian masih dapat membatalkan pesanannya dengan mengakses laman bantuan Lazada secara langsung, pastikan juga menyertakan alasan detailnya.
- Masuk ke Lazada.co.id kemudian tekan LOGIN.
- Masuk dengan akun kalian.
- Pada bawah bagian kiri layar terdapat ikon Chat Lazada silahkan tekan.
- Sebutkan nomor pesanan kalian dan juga permintaan membatalkan pesanan Lazada.
- CS akan membantu kalian dalam proses membatalkan pesanan.
4. Cara Membatalkan Pesanan COD Lazada
Ketika kamu ingin melakukan cara membatalkan pesanan COD maka pastikan terlebih dahulu mendapatkan chat dari kurir ekspedisi terlebih dahulu. Biasanya kurir akan mengirimkan informasi bahwa dalam perjalanan dan menyuruh kita menyiapkan uang tunai untuk COD.
Saat menjumpai chat pemberitahuan seperti diatas kalian dapat membalasnya dengan permintaan membatalkan pesanan dilengkapi alasan. Informasikan kepada kurir misalnya kamu tidak ada dilokasi, salah memesan, barang tidak sesuai ataupun lainnya.
5. Cancel Pesanan Belum Dibayar
Kemudian cara cancel pemesanan lainnya dapat dilakukan ketika kamu bertemu kurir saat COD. Dalam kondisi ini memang kita bisa menolak barang apabila terjadi kerusakan, paketnya tidak sesuai, harga tidak sesuai ataupun ada yang hilang.
Pastikan kita memeriksa secara rinci paketnya, jika ada kesalahan maka bisa komplain langsung dan meminta untuk dibatalkan. Karena jika membatalkan tanpa alasan pasti maka permintaan akan ditolak sehingga kita harus lebih cermat.
Akhir Kata
Pada dasarnya untuk membatalkan pesanan memang mudah apabila belum masuk ke gudang ekspedisi ataupun paketnya dijemput oleh kurir. Kamu juga wajib tahu PERBEDAAN NINJA VAN DAN NINJA EXPRESS supaya tidak salah dalam menggunakan jasa ekspedisinya.
Sebagai konsumen yang pintar pastikan selalu memeriksa tiap transaksi belanja online di Lazada, jangan sampai ada kesalahan terutama dalam hal alamat dan juga identitasnya. Gunakan langkah batalkan pesanan Lazada diatas jika memang diperlukan.