Cara Komplain JNE – Masalah pengiriman JNE memang sering dialami seperi paket hilang ataupun rusak yang menyebabkan kerugian untuk penerimanya. Meskipun JNE adalah perusahaan ekspedisi besar di Indonesia namun tak luput dari kesalahan dalam proses pengirimannya.
Konsumen bisa melakukan beberapa cara komplain JNE untuk mendapatkan ganti rugi ataupun mendapatkan barangnya kembali. JNE memang memberikan pelayanan penuh selama 24 jam untuk anda yang mengalami kendala saat menggunakan ekspedisinya.
Jadi tak hanya kemudahan untuk mengirim barang atau dokumen saja, JNE juga memiliki ongkir yang cukup bersaing. Seperti CARA KOMPLAIN J&T anda bisa memanfaatkan panggilan berbayar ke call center JNE untuk mendapatkan penanganan cepat.
Masalah keterlambatan pengiriman pastinya membuat anda tidak sabar, apalagi jika paket tidak bisa dilacak akan mengecewakan. Karena berkembangnya jaman saat ini JNE juga hadir di platform digital yang bisa diakses konsumen secara gratis untuk melakukan komplain.
Keluhan pelanggan JNE memang bermacam macam, namun cara mengatasinya kurang lebih melalui jalur yang sama. Nah jika anda mengalami kendala JNE seperti gagal melacak resi, barang hilang, rusak atau masalah lainnya Kuriran.id akan memberikan cara mengatasinya berikut ini.
1. Cara Komplain JNE Lewat Customer Care
Cara komplain pertama adalah lewat CS JNE 24 jam dimana merupakan solusi paling cepat karena masalah anda segera diatasi. Namun anda perlu menyiapkan pulsa untuk menelpon customer care JNE, biayanya Rp.1500 per menit seperti telepon rumah pada normalnya.
Nomor Customer care JNE | (021) 2927 8888 |
Siapkan persyaratan seperti nama, nomor resi, alamat pengiriman maupun data lainnya yang diminta oleh call center JNE. Setelah tersambung maka operator akan menanyakan kelengkapan data dan masalah yang dihadapi kemudian menyelesaikannya.
2. Cara Komplain JNE via Call Center Regional
Cara berikutnya adalah komplain ke call center regional sesuai daerah tujuan pengiriman. Pastikan anda lakukan CARA CEK RESI JNE terlebih dahulu, setelah tahu posisinya lanjutkan dengan menghubungi nomor sesuai dengan wilayah paket berikut ini.
Ambon | 0911-3833499 |
Balikpapan | 0542-764772 |
Banda Aceh | 0651-27411 |
Bandar Lampung | 0721-8600018 |
Bandung | 022-86023222 |
Banjarmasin | 0511-3265251 |
Batam | 0778-5705333 |
Bekasi | 021 80616000 |
Bengkulu | 0736-343980 |
Bogor | 0251-8305511 |
Bontang | 0548 3559533 |
Cikarang | 021-50901221 |
Cilacap | (0282) 546700 |
Cilegon | 0254-380732 |
Cirebon | 0231-224515 |
Denpasar | 0361 -2010100 |
Gorontalo | 0435 824026 |
Jakarta(Casablanca) | 021-83794516 |
Jakarta(Fatmawati) | 021-7393567 |
Jakarta(Hasyim Ashari) | 021-63855518 |
Jakarta(Kelapa Gading) | 021-4513352 |
Jakarta(Matraman) | 021-8502388 |
Jakarta(Pasar Minggu) | 021-2237 9278 |
Jakarta(Pondok Pinang) | 021-75906112 |
Jakarta(S.Parman) | 021-5323223 |
Jakarta(Tomang45) | 021-5665262 |
Jakarta(Tomang6) | 021-5684909 |
Jakarta(Tomang9) | 021-5665262 |
Jambi | 0741-31388 |
Jayapura | 09675189762 |
Jember | 0331-323866 |
Karawang | 08154630353 |
Kediri | 0354-695167 |
Kendari | 0401-3195053 |
Madiun | 0351-483648 |
Magelang | (0293) 325577 |
Malang | 0341-344672 |
Manado | 0431-8802020 |
Mataram | 0370-622040 |
Medan | 061-30003888 |
Mojokerto | 0321-5283676 |
Padang | 0751-8465188 |
Palangkaraya | 0536-3230119 |
Palembang | 0711-3035099 |
Palu | 0451-8441600 |
Pangkal Pinang | 0717-423701 |
Pasuruan | 0343-417200 |
Pasuruan | 0343-417200 |
Pekanbaru | 0761-853993 |
Pontianak | 0561-5603111 |
Probolinggo | 0335-423712 |
Purwakarta | 0264-8394502 |
Samarinda | 0541-736236 |
Semarang | 024-86000100 |
Silangit | 0821-64544935 |
Solo | 0271-6776800 |
Sorong | 0951-3173901 |
Sukabumi | 0266-217321 |
Surabaya | 031-99209030 |
Tangerang | 021-80820816 |
Tanjung Pinang | 0771-7335539 |
Tanjungpandan | +62819-2974-9699 |
Tarakan | 0551-22427 |
Tasikmalaya | 0265-7522377 |
Tegal | 0283-325059 |
Ternate | 0921-3123961 |
Timika | 0901 3260310 |
Ujungpandang | 0411 3607000 |
Yogyakarta | 0274-4605800 |
3. Cara Komplain Lewat Sosial Media JNE
Cara komplain JNE selanjutnya adalah melalui akun sosial media dimana bisa anda manfaatkan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya. Silahkan chat atau DM maka admin akan meminta kelengkapan data pengiriman kemudian menyelesaikan masalahnya.
Ketiga platform sosial media diatas memang sering digunakan untuk mempromosikan layanan JNE. Anda bisa langsung mengirimkan komplain lewat pesan dengan menyertakan nomor resi, nama lengkap pengirim dan penerima paketnya.
4. Komplain Melalui Fasilitas Ask Joni
Cara komplain juga dapat dilakukan memakai fasilitas Ask Joni pada website resmi JNE. Pelanggan bisa mengaksesnya secara gratis kemudian menyampaikan komplain dengan menyertakan informasi sepeti, nama, email, alamat, nomor HP maupun pesan teks.
- Buka browser dari smartphone atau PC lalu masuk ke jne.co.id/id/hubungi-kami/ask-joni
- Muncul tampilan Ask Joni, silahkan masukkan informasi yang dibutuhkan.
- Mulai memasukkan nama lengkap.
- Masukkan email.
- Input nomor telepon.
- Bagian Subject pilihlah Customer Service.
- Dibagian message isikan dengan komplain anda dari masalah pengiriman JNE.
- Lanjutkan dengan menekan SEND MESSAGE.
5. Komplain Dengan Mengirim Email
Cara berikutnya masih gratis yaitu mengirimkan email ke JNE dengan menyertakan komplain anda. Ketika mengirimkan komplain pastikan juga menyertakan beberapa informasi seperti nomor resi, nomor HP, nama pengirim maupun penerima paketnya.
Memang jika menggunakan email responnya cukup lama sehingga konsumen perlu agak bersabar, wajar karena cara gratisan. Namun komplain lewat email tidak ada ruginya, agar cepat direspon oleh JNE kami sarankan untuyk mengirimkan email dengan format sebagai berikut.
email tujuan = customercare@jne.co.id
Subject = Paket JNE bermasalah
Isi email = Selamat pagi/siang/sore/malam , saya mengalami permasalahan …….(isi dengan masalah anda). Saya cantumkan data pengiriman sebagai berikut
-nomor resi
-nama penerima
-nama pengirim
-nomor handphoneMohon bantuan untuk bisa menyelesaikan kendala yang saya hadapi, terimakasih
6. Komplain Langsung ke Kantor JNE
Cara komplain JNE yang terakhir adalah datang langsung ke kantor cabang yang paling dekat dengan lokasi anda. Bawa syarat seperti nomor resi kemudian data penerima maupun pengirimnya supaya komplain anda dapat ditangani dengan cepat.
Memang kantor cabang JNE sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia sehingga memudahkan pelanggan memenuhi kebutuhannya. Apabila paket masih berada digudang ataupun belum dibawah kurir maka anda bisa langsung mengambilnya.
FAQ
Beberapa kurir JNE akan menelpon atau mengabari anda lewat WhatsApp ketika paket sudah dekat
Bisa saja karena kadang salah memasukkan alamat, jika tidak menerima paket coba cek di tetangga sebelah siapa tahu sudah diterima
Langsung hubungi call center atau datangi kantor JNE terdekat untuk komplain
JNE memang memberikan cukup banyak layanan untuk menerima komplain langsung dari konsumen diseluruh Indonesia. Sekian informasi yang bisa kami berikan, saat komplain tinggal anda pilih ingin menggunakan cara berbayar atau gratisan.