Cara Komplain aCommerce – Masyarakat Indonesia mulai mengenal jasa pengiriman aCommerce Akulaku pada saat berbelanja online dari luar negeri. aCommerce merupakan perusahaan logistik dibawah Alibaba yang memiliki jangkauan terbersar di Asia Tenggara meliputi negara Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura serta Filipina.
aCommerce paling banyak dimanfaatkan untuk pembelian barang dari China terutama dengan cara kredit di Akulaku. Terdapat fasilitas cek resi yang memudahkan pelacakan barang, kalian bisa mengetahui secara langsung ARTI STATUS PENGIRIMAN ACOMMERCE sudah sampai mana.
Sayangnya pada sistem aCommerce tracking masih banyak kekurangan, diantaranya kurang realtime bahkan sampai update status yang telat. Karena pengiriman barang dari luar negeri maka tidak banyak orang tahu bagaimana cara komplain aCommerce.
Cara komplain aCommerce dapat dilakukan ketika paket mengalami kerusakan, barang tidak sesuai atau bahkan tidak sampai ke alamat tujuan. Dengan komplain kita bisa memberitahukan pihak ekspedisi apabila terjadi masalah dalam pengantaran paketnya.
Apalagi jika produk yang dibeli merupakan barang elektronik seperti smartphone, laptop tablet ataupun gadget pastinya cukup beresiko dalam perjalanan. Ketika terjadi kerusakan kita harus tahu cara komplain aCommerce supaya mendapatkan pertanggungjawaban.
Komplain atau keluhan dari pelanggan terhadap layanan aCommerce memang cukup tinggi karena memang di Indonesia belum menyeluruh. Terbukti dengan kantor aCommerce yang hanya ada pada beberapa kota saja sehingga pelayananannya kurang maksimal.
Mengapa Jasa Pengiriman aCommerce Lama?
Lantas mengapa banyak orang komplain terhadap pengiriman aCommerce yang lama? Perlu diketahui bahwa aCommerce hanya berperan sebagai enabler sehingga bisa jadi dalam proses perjalanannya paket akan diteruskan oleh ekspedisi lainnya.
aCommerce juga hanya menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan saja sehingga jangkauannya tidak sampai ke wilayah terpencil. Berikut ini penyebab mengapa banyak orang komplain layanan aCommerce karena lamanya proses pengiriman.
Kantor aCommerce Hanya ada di Beberapa Kota
Salah satu penyebab hambatan perjalanan paket aCommerce adalah karena kantor yang hanya ada dikota Jakarta, Bekasi, Bandung dan juga Semarang. Jadi semua paketnya akan menumpuk pada fasilitas aCommerce tersebut sehingga membuat perjalanannya akan terhambat.
Sudah dapat dipastikan juga pelayanan ke beberapa wilayah terpencil kurang maksimal karena jangkauannya cukup terbatas. Tak jarang untuk kirim paket ke wilayah tertentu bisa sampai 1 bulan karena memang keterbatasan kantor cabang yang menanganinya.
Kurir Masih Sedikit
Kurir yang mengantarkan barang masih terbatas hanya pada kota operasional saja sehingga akan membuat semakin lama paket sampai. Memang cukup disayangkan karena kurir merupakan salah satu ujung tombak dalam dunia ekspedisi untuk mengantarkan sampai ke lokasi tujuan.
Sering Dialihkan ke Ekspedisi Lain
Penyebab lain mengapa pengirimannya lama adalah dialihkan atau dilempar ke ekspedisi lain seperti JNE, J&T dan juga POS. Mayoritas ketika paket tidak bisa dijangkau aCommerce maka diserahkan kepada ekspedisi lokal dimana akan memakan waktu lebih lama lagi.
Cara Komplain aCommerce
Ketika konsumen merasa rugi maka cara komplain aCommerce menjadi pilihan utama. Yang cukup disayangkan adalah layanan komplain aCommerce masih terbatas terutama dalam penanganan paket. Meskipun begitu dengan cara komplain aCommerce kalian bisa melaporkan secara langsung ketika ada hal yang tidak beres.
Dengan cara komplain aCommerce kalian juga bisa memeriksa sebenarnya paketnya sudah sampai mana terutama ketika pelacakannya tidak muncul. Berikut ini beberapa cara komplain aCommerce yang dirangkum Kuriran.id untuk kalian coba.
1. Kontak Call Center aCommerce Jakarta
Cara pertama adalah komplain langsung ke call center aCommerce Jakarta pada nomor (021)29558500. Kamu bisa menghubungi CS aCommerce selama jam kerja untuk menyampaikan komplain ataupun keluhan mengenai layanan pengiriman barang.
Namun perlu diperhatikan bahwa nomor yang dihubungi berbayar sehingga kalian perlu menyiapkan pulsa secukupnya. Kalian bebas komplain ataupun menanyakan posisi paket saat ini namun tetap menggunakan bahasa yang sopan.
2. Hubungi Email aCommerce
Cara berikutnya adalah dengan mengirimkan email langsung ke customercare@acommerce.co.id atau id.sales@acommerce.asia. Gunakan bahasa formal kemudian sampaikan komplain kalian, contoh formatnya kurang lebih seperti dibawah ini.
Kepada : customercare@acommerce.co.id / id.sales@acommerce.asia
Subjek : Komplain layanan aCommerce
Isi :Selamat pagi/siang/sore
Saya mengalami…………… (isi keluhan aCommerce) dengan identitas
Nama :
Alamat :
Nomor Resi :
Nomor handphone:Mohon untuk dibantu menyelesaikan masalah tersebut, terimakasih.
3. Melalui Sosial Media CS aCommerce
Langkah komplain lainnya adalah dengan menghubungi Facebook atau Twitter resmi aCommerce. Silahkan kalian kirimkan pesan berisi komplain, nama, alamat, nomor handphone dan juga nomor resi. Setelah itu admin akan membalas dan memberikan solusi untuk pemecahan masalah kalian.
4. Komplain ke Kantor aCommerce
Ketika semua cara tidak bisa menyelesaikan permasalahan kalian maka langkah terakhir adalah mendatangi kantor operasional aCommerce di Indonesia. Memang kantor operasionalnya hanya ada di kota besar saja jadi mungkin kalian harus mengeluarkan ongkos perjalanan.
Meski begitu petugas dikantor akan siap untuk melayani dan membantu memenuhi kebutuhan kalian secara langsung. Kamu bisa mendatangi kantor aCommerce Bandung, Jakarta atau Semarang dengan alamat lengkap seperti dibawah ini.
Kantor | Alamat |
---|---|
Kantor Pusat Indonesia | PT aCommerce Solusi Lestari Sahid Sudirman Center Lantai 17A Jl.Jendral Sudirman No.86 Jakarta Pusat 10220 |
Kantor Fulfillment Center Indonesia | aCommerce Distribution Center (ACDC) Pergudangan Widya Sakti Kusuma Blok A7-10 Jl.Wahab Affan Pondok Ungu Bekasi, 13650, Indonesia |
Jakarta Timur | Intirub Business Park, Warehouse Phase 1 Ground Floor, Jl.Cililitan Besar No.454, Jakarta Timur, 13650 |
Bandung | Jl.Pratista Tim. I Blok A No16, Antapani Kidul, Antapani, 40291 |
Semarang | Perum Graha Prasetya No.B62, Jl.Graha Prasetya IV, Pedalangan, Banyumanik, 50268 |
Namun ketika pengirimannya sudah dialihkan ke ekspedisi lain seperti JNE, J&T ataupun POS Indonesia maka kalian tinggal datangi kantor ekspedisi terdekatnya saja. Sebagai informasi lama kirim paket aCommerce adalah 3 – 5 hari untuk kota besar dan 5-14 hari untuk wilayah lainnya.
Akhir Kata
Dibanding dengan BERAPA LAMA PENGIRIMAN SAP EXPRESS memang aCommerce diakui kalah, hal ini karena fasilitas ekspedisi yang belum terintegrasi di Indonesia. Wajar jika komplain layanan aCommerce memang sangat banyak, belum lagi jika dialihkan ke ekspedisi lainnya.
Saat ini aCommerce memang kurang menjadi rekomendasi untuk kiriman dari luar negeri. Namun ketika sudah terlanjut menggunakannya, semoga dengan cara komplain aCommerce kalian akan lebih cepat mendapatkan kepastikan mengenai proses pengiriman barang ke alamat tujuannya.