Cara Cek Resi Citilink Cargo – Jasa pengiriman cargo di Indonesia memang semakin berkembang baik melalui jalur darat, udara maupun laut. Salah satu penyedia pengiriman cargo udara terbaik di Indonesia Citilink.
Citilink Cargo menawarkan layanan pengiriman lewat jalur udara dengan sistem port to port menyesuaikan load capacity yang tersedia ditiap penerbangan pesawat Citilink. Berbeda dengan CARA PICKUP J&T EXPRESS, Citilink Cargo mengantarkan paket dari satu bandara ke bandara lainnya.
Citilink Cargo menawarkan layanan general cargo untuk semua jenis barang umum dan special cargo bagi paket dengan isi khusus. Citilink Cargo memberikan jaminan keamanan dan tepat waktu sampai ke port tujuan.
Selain itu cara cek resi Citilink Cargo dapat dilakukan dengan mudah melalui website yang beroperasi 24 jam penuh. Fasilitas cek resi Citilink Cargo mampu dimanfaatkan untuk melacak posisi paket dari lokasi awal ke kota tujuan.
Ketika cara cek resi Citilink Cargo dilakukan membutuhkan SMU atau AWB sebagai alat pelacakannya. Supaya lebih jelas Kuriran.id sudah menyiapkan informasi mengenai cara cek resi Citilink Cargo seperti berikut.
Kode SMU Citilink
SMU adalah singkatan dari Surat Muatan Udara dimana perlu dimiliki konsumen untuk berkas yang menerangkan jenis serta detail barang. SMU juga dikenal dengan istilah AWB atau Air Way Bill serta dikatakan sebagai nomor resi.
Cek SMU cargo Citilink dapat dilakukan melalui invoice atau bukti pengiriman yang diperoleh sesudah proses registrasinya selesai. Seperti pada gambar diatas, kode SMU Citilink dapat ditemukan pada kolom SMU/AWB.
Silahkan catat kode SMU untuk tracking Citilink cargo secara langsung ketika pengirimannya berjalan. Pastinya ketika cara cek resi Citilink Cargo kamu wajib memasukkan kode SMU/AWB kedalam kolom yang sudah disediakan.
Cara Cek Resi Citilink Cargo
Lantas bagaimana cara cek resi Citilink Cargo? Kalian diberikan fasilitas website dari Citilink untuk cek pengiriman secara langsung. Kelebihannya kamu bisa cek resi kapan saja dibutuhkan sehingga posisi paket langsung diketahui.
Saat cek resi silahkan pastikan bahwa nomor yang dimasukkan sudah benar supaya muncul status pengirimannya. Kemudian terdapat beberapa cara yang dapat kalian lakukan, silahkan simak langkah lengkapnya berikut.
1. Masuk ke website Cargo Citilink maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Selanjutnya silahkan akses menu SHIPMENT TRACKING untuk akses cek resi.
2. Kemudian menuju ke AWB, silahkan masukkan nomor resi atau SMU Citilink pada kolom yang disediakan.
3. Pastikan apabila nomor resi sudah benar kemudian silahkan tekan tombol Search untuk melacak paketnya
4. Akan muncul status pengiriman Citilink Cargo terkini dilengkapi dengan waktu dan tanggalnya.
Arti Status Pengiriman Citilink Cargo
Setelah cek resi akan muncul status pengiriman dimana menggunakan singkatan. Mungkin sebagai pengguna awam atau baru akan merasa bingung karena memang tidak dijelaskan lebih lanjut pada laman cek resi.
Terdaat beberapa status kiriman barang yang sering muncul dan dijadikan default untuk menandakan perjalanan paketnya. Apabila kalian ingin mengetahui status pengirimannya silahkan simak penjelasannya dibawah ini.
- BKD (Booked Confirmed) : Artinya booking pengiriman sudah dikonfirmasi oleh pihak Citilik Cargo
- RCS (Handover Confirmed) : Paket sudah berhasil diterima oleh gudang pada bandara asal pengiriman.
- MAN (Manifested) : Paket sudah siap untuk dikirimkan dari lokasi bandara asal.
- DEP (Departed) : Paket sudah diberangkatkan dari bandara asal ke bandara tujuan.
- ARR (Arrived) : Artinya barang sudah sampai ke bandara tujuan.
Jenis Asuransi Citilink Cargo
Sebagai bahan pengetahuan ketika barang sudah melebihi batas waktu 3×24 jam tidak sampai maka pengiriman dikatakan terlambat. Sedangkan jika paket sampai 14 hari tidak sampai maka dikatakan hilang dalam perjalanan.
Kalian bisa tenang karena Cargo Citilink memberikan perlindungan asuransi untuk setiap barang yang dikirimkan. Kalian dapat memperoleh pertanggungan atau ganti rugi ketika terjadi beberapa hal seperti dibawah ini.
- Kerusakan barang saat proses pengiriman : Ganti rugi 30x ongkir maksimal Rp.100.000.000/kejadian
- Kehilangan barang saat proses pengiriman : Ganti rugi 30x ongkir maksimal Rp.100.000.000/kejadian
- Garansi terlambat : Ganti ongkir maksimal Rp.1.000.000
Customer Service Citilink Cargo
Pada dasarnya cara cek resi Citilink Cargo memang akan sangat membantu pelanggan dalam memantau perjalanan paketnya. Selain itu cek resi juga akan memudahkan kita ketika akan komplain jika ternyata barangnya terlambat atau hilang.
Citilink Cargo juga memberikan fasilitas customer service yang dapat kalian hubungi 24 jam penuh. Melalui customer service pelanggan bisa komplain, menanyakan informasi layanan, tarif maupun persoalan pelacakan.
- Call Center 24 Jam : 08041080808 (lokal) atau +623199208709 (internasional)
- Email : infocargo@citilink.co.id
Akhir Kata
Adanya fitur cek resi Citilink Cargo memang mampu diandalkan bagi seluruh pelanggan. Status pengirimannya dapat diketahui secara cepat sehingga memudahkan mengambil tindakan ketika ada hambatan dalam perjalanan.
Seperti CARA MENGEMBALIKAN BARANG COD SHOPEE, Citilink Cargo juga memiliki sistem retur ketika terjadi kerusakan pada paket yang dikirimkan. Jadi apakah kalian sudah pernah memakai layanan Citilink Cargo? Apabila sudah silahkan bagikan pengalamannya dikolom komentar.