Apa Itu Door to Door – Dalam dunia logistik, pastinya ada beberapa istilah yang mungkin belum pernah di dengar pada saat kita menggunakan jasanya. Salah satu yang paling menyita perhatian adalah Door to Door.
Apabila sering aktif dan terlibat dalam bisnis pengiriman pastinya istilah itu sudah menjadi makanan sehari-hari. Lantas bagi beberapa pihak yang masih awam (termasuk penulis dulunya), memahami tentang apa itu Door to Door sangatlah sukar.
Namun seiring berkembangnya teknologi informasi, beberapa istilah dalam dunia logistik tadi dapat kita ketahui dengan mudah. Jadi banyak akses yang dapat digunakan untuk memahami apa itu Door to Door secara lebih mendalam.
Agar dapat membantu kalian dalam proses pencarian informasi mengenai apa itu Door to Door, maka Kuriran.id akan menjelaskannya secara lengkap. Apabila kalian sedang mencari pengertian dari istilah tersebut, maka simak semua penjelasan dan pembahasan berikut ini.
Apa Itu Door to Door Sistem
Apabila dijabarkan, maka sistem Door to Door merupakan salah satu metode dimana sebuah perusahaan akan memberikan jasanya dan menemui costumer secara langsung. Apabila dianalogikan, maka sistem itu sangat identik dengan apa yang kita sebut dengan Bisnis Jemput Bola.
Pastinya banyak keunggulan dari penerapan jemput bola dalam suatu bisnis. Costumer akan lebih nyaman serta merasa jika jasa yang digunakan cukup efisien. Jadi itulah mengapa beberapa bidang bisnis dalam sektor logistik maupun transportasi mulai mengadopsi sistem tersebut.
Penerapan Door to Door pada Bisnis Pengiriman
Sebelumnya sudah disinggung apa itu bisnis jemput bola. Pertama kami akan bahas terlebih dahulu bagaimana penerapan skema itu pada bisnis logistik atau pengiriman. Nantinya kalian akan memahami bagaimana sistem itu berjalan dan apa saja bentuk pelayanannya saat ini.
1. Apa Itu Jemput Bola dalam Bisnis Pengiriman
Jika ditanya soal apa itu jemput bola dalam sektor pengiriman, maka bisa dikatakan jika perusahaan jasa atau apa yang sering disebut Shipper akan mengantarkan barang pesanan costumer dari gudang penyimpanan ke alamat pengiriman yang dituju.
Costumer tidak perlu repot-repot untuk mengunjungi gudang penyimpanan milik Shipper karena barang pesanannya sudah pasti akan langsung tiba di tujuan sesuai alamat yang diinginkan. Jadi selain efisien, adanya sistem itu juga dirasa efektif dalam
2. Alur Pengiriman menggunakan Door to Door
Adapun alur pengiriman apabila menggunakan layanan Door to Door yang perlu diketahui. Berikut skema atau alur dalam proses pengiriman dengan menggunakan layanan tersebut.
- Pelanggan menghubungi Shipper untuk menggunakan jasa yang ditawarkan.
- Pihak penyedia jasa menerima barang dan memberikan resi pengiriman.
- Nantinya barang akan diantarkan ke gudang perusahaan untuk dilakukan penyortiran.
- Kurir akan menjemput barang di gudang dan mengantarkannya sampai tujuan.
- Pihak penerima akan melakukan tanda tangan sebagai bukti bahwa paket sudah diantar hingga tujuan.
3. Manfaat Jemput Bola pada Bisnis Pengiriman
Adanya skema jemput bola nyatanya sangat menguntungkan dari kedua sisi, baik pelanggan maupun Shipper. Namun selain keuntungan, ada juga manfaat besar bagi kedua pihak apa bila sistem itu dikaji secara lebih mendalam.
Berikut beberapa manfaat dalam penggunaan sistem jemput bola.
- Memberikan kepuasan tersendiri bagi pelanggan.
- Lebih menghemat waktu dan tenaga pelanggan.
- Peluang menambah pelanggan tetap karena sistem yang digunakan.
- Proses pengiriman barang dalam jumlah banyak maupun berat jadi lebih mudah.
Penerapan Door to Door pada Bisnis Travel
Selain pengiriman, beberapa perusahaan transportasi khususnya Travel juga sudah menerapkan skema Door to Door bahkan sejak lama. Nantinya kalian akan memahami bagaimana penerapan sistem itu berjalan pada sektor transportasi dan apa saja bentuk pelayanannya saat ini
1. Apa Itu Jemput Bola dalam Bisnis Travel
Jika ditanya apa itu jemput bola dalam sektor transportasi, maka bisa dikatakan jika pihak penyedia jasa khususnya travel akan menjemput pelanggan yang ingin melakukan mobilitas pada alamat tertentu dan mengantarkannya sampai ke titik alamat tujuan.
Kostumer tidak perlu mengunjungi kantor untuk meminta jasa biro perjalanan karena proses pemesanan dapat dilakukan melalui jalur nirkabel. Selain itu pelanggan juga tidak perlu mendatangi kantor ketika pemberangkatan karena kendaraan travel akan mendatangi di titik jemput.
2. Alur Travel menggunakan Skema Jemput Bola
Adapun alur dari penyedia jasa travel ketika akan menerapkan sistem itu mulai dari awal pemberangkatan hingga pengantaran sampai tujuan. Berikut alur pengantaran travel menggunakan skema jemput bola.
- Pelanggan menghubungi pihak penyedia jasa untuk memesan jasa perjalanan.
- Pihak travel menerima permintaan dan mencatat titik jemput serta alamat tujuan.
- Pihak penyedia jasa memberitahukan jadwal dan waktu penjemputan.
- Pelanggan akan dijemput sesuai jadwal dan di antarkan ke alamat tujuan.
3. Manfaat Skema Jemput Bola pada Bisnis Travel
Jika ada manfaat di sektor logistik, lantas apa saja manfaat skema jemput bola pada suatu bisnis travel? Berikut beberapa keuntungan dalam penerapan skema jemput bola dalam jasa travel.
- Melayani pengantaran dan penjemputan hingga titik lokasi yang ditentukan.
- Karena pelayanan bersifat private, maka jauh lebih aman dibandingkan kendaraan umum.
- Kostumer tidak perlu mengantri untuk mendapatkan jasa perjalanan.
- Waktu pengantaran fleksibel karena pelanggan dapat memilih.
Kesimpulan
Itulah tadi informasi mengenai apa itu Door to Door pada beberapa sektor bisnis. Tentunya kini kalian jadi lebih memahami dan mungkin suatu saat dapat mempelajari hal ini untuk diterapkan sendiri. Namun tetap utamakan kualitas jasa agar customer setia terus bertambah.
Sekian pembahasan tentang Door to Door dari Kuriran ID. Selalu pantau informasi menarik seputar dunia logistik dan transportasi yang selalu kami update setiap harinya. Semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan kalian tentang apa itu jemput bola dalam suatu usaha.